Rintisan pijakan langit

merintis jalan kehidupan sebagai pijakan menuju langit yang luas serta terang

Archive for February, 2010


team UGM Lomba PLC

wah.. senangnya bisa bertemu Dosen2 yang pernah membimbing dan menyuntikkan ilmunya pada kami,, ktemunya diajang lomba PLC nasional dengan OC anak2 Fistek FTI ITB,, mmm… seru seh,,, jadi pengen kembali lagi,, ikutan lomba dan gila-gilaan seperti masa dulu.. hehehehe… smoga team dari my jurusan dulu,, dan smua tim UGM yang ikutan dari teknik mesin, teknik fisika, elins, dan smua team yang bawa nama kampus UGM,, yawh,, meskipun saya pindah study dikampus tuan rumah, tapi rasanya saya masih orang GAMA,, hehehe :D .. lebih peDe aja nyebut diri orang Gama,, tapi peDe juga seh nyebut diri orang Ganesa,, hehee.. pokoknya asik deg,, smoga smuanya menang,, UGm menang, ITB juga menang, dan smoga smua kategori diduduki oleh kedua kampus ini 50:50 lah,, biar adil :D

Like it

baiklah,,,

saatnya berperang demi cita-cita…. smangaaaaat.. :D ..

kuliah online, kuliah masa depan, g perlu kekampus :D , tapi pengen juga kekampus :D

multicast

lama g digarap, nyoba lagi ngerjain DigiServer buat multicast, mulai menggabungkan kebingungan, IP eth0, eth1, udah sesuai begitu juga client,., tapiii… tetap aja nyoba strming VLC via UDP g bisa nrima,,, mmm… coba2 ganti port dan ganti card… akhirnya nemu juga.. :D eth0nya erroooor,, alias g bisa… padahal dah makai 4 card… hahaha,, bego mode On dah pokoknya,.,, yang kepakai cuma 2 port eth0 ma eth1 doang,, yang lainnya cuma pajangan… dasar,, dasarr emi yang cupu…. :D

virtualBox vs VirtualMachine

namanya juga anak baru blajar,, :) AS dah punya broadband 1 GB/s, ditempat saya khususnya dan Indonesia umumnya akses baru maen Mega, bahkan cuka kilo, adalagi yg cuma byte,, hehehe… lah,,, liburan g ada kerjaan ngutak atik si leppy ganti pasang OS sampe mentok,, ujung-ujungnya format ulang,,, hahaha :D , ywd, backto sibuntu aja,, nyoba-nyobanya make VirtualMachine bawaan sibuntu 9.10 (seharusnya g perlu diinstal lagi alias dah ada di option system tool, tapi sialnya saya harus download dulu,, jadi capcaaay deh,,, mungkin karena hasil upgrade dari 9.04 makanya harus download, termasuk VLCnya,,,, tak papa lah,,, hehehe,, sayanya seh yang blum tw proses upgrade yang baik dan benar)
pikir-pikir,, dan timbang-timbang keuntungan, kelebihan, kekurangan (yang saya temukan saat menggunakan VirtualBox dan VirtualMachine seperti comptbl ma HD dan optical drivenya, cape juga kalau drivernya g detect,, hehehe, kayak WLANnya susah juga, (dungu mode ON)
coba-coba kesimpulannya, lebih asik pake VirtualBox deh.. hehehe,, just it,,

Membuat Halaman Login Squirellmail >Cpanel

dah lama g ngutak atik cpanel.. baru buka jadi bingung liat file dan config yang bermacam-macam,, duch direktorinya brantakan banyak,,,
dah coba make squirrelmail-1.4.13 juga masih perlu ngedit lagi,,, walah-walah,, memang akibat dari pengguna FTP seperti diriku ini banyak kurangnya,, heheheh,, kebiasaan asal upload,,, :D
create account buat mail udah via cpanelnya (masih dengan cara yang lama, asal create aja),,
nah mulai bingung setelah ingat dan lihat kalau domain buat webnya default www.xxxx.xx/mail atau via port 2095,, aww,, fulgar banget kalau masuk kesini,, bisa repot nih kedepannya,,, pas ngerubah directnya niatnya seh kalau ngakses webmail.xxxx.xx bakalan direload ke xxxx.xx/mail tadi dengan cara yang biasa, tapi ternyata g bisa,,, walah ono opo to mas…
mmmm,,, berpikir mode ON, nyoba ganti port buat nempatin temnya di 777 ma buat file attvmnt di port 733,, ternyata bersambung besok aja deh,,, mending ngegame dulu aja… :D

Repositori Medibuntu 9.10

g da gawean,, mumpung coneksi gratis,, yo wesss… maen apt-get smua… :D

linknya clik here

Repositori Medibuntu adalah repositori yang banyak berisikan aplikasi multimedia untuk Ubuntu. Untuk mengaktifkan repositori ini, sialhkan ambil konfigurasi repositori Medibuntu.

sudo wget http://www.medibuntu.org/sources.list.d/hardy.list -O /etc/apt/sources.list.d/medibuntu.list

Update database repositori, dan install gpg-key medibuntu.

sudo apt-get update && sudo apt-get install medibuntu-keyring && sudo apt-get update

Informasi lebih lengkap bisa dilihat di https://help.ubuntu.com/community/Medibuntu
Membuat Sistem Selalu Up-to-date

sudo apt-get update
sudo apt-get upgrade -s

Lihat paket apa saja yang akan diupdate, jika sudah yakin jalankan perintah selanjutnya

sudo apt-get upgrade

Repositori Tanpa Internet

Menggunakan ubuntu tanpa koneksi internet yang cepat, memang kadang bisa bikin frustasi. Tapi sekarang Anda bisa menggunakan trik-trik di bawah ini, sehingga Anda masih bisa menikmati instalasi ubuntu dan ribuan paket lainnya walaupun koneksi internet Anda terbatas.
apt-web

Mau instal paket dari repo cara offline (download dulu lalu instal), pastikan semua paket dan dependensinya Anda ambil.

http://labs.fajran.web.id/p/apt-web/

DVD Repo

http://wiki.ubuntu-id.org/DistribusiDvdReposUbuntu

Multimedia
Cara Cepat Instalasi Codec Multimedia dan Plugin Firefox

Pastikan anda sudah mengaktifkan repositori Medibuntu.

sudo apt-get install ubuntu-restricted-extras w32codecs libdvdcss2

Ubuntu-restricted-extras adalah metapackage. Jika Anda ingin mengetahui paket apa saja yang akan diinstal jalankan perintah:

apt-cache show ubuntu-restricted-extras |grep Recommends

Instalasi Audacious

Aplikasi untuk memainkan berkas-berkas audio seperti mp3, ogg atau mp4.

sudo apt-get install audacious

Instalasi Banshee

Banshee adalah pemutar berkas multimedia. Untuk menginstal banshee terbaru, kita harus menambahkan repo berikut di /etc/apt/sources.list:

# banshee
deb http://ppa.launchpad.net/banshee-team/ubuntu hardy main

Setelah itu, bisa langsung menginstalnya:

sudo apt-get update
sudo apt-get install banshee

Instalasi Mplayer Media Player

Instal mplayer media player

sudo apt-get install mplayer

Instal plugin mplayer untuk mozilla

sudo apt-get install mozilla-mplayer

Instalasi VLC Media Player

Instal VLC media player

sudo apt-get install vlc

Instal plugin VLC untuk mozilla

sudo apt-get install mozilla-plugin-vlc

Instalasi Handbrake

Convert, rip dvd. Salah satu aplikasi yang mudah digunakan adalah handbrake. Sayangnya si handbrake hanya menyediakan paket binary untuk ubuntu intrepid. Tapi tidak masalah, PPA menyediakan paket untuk hardy. Tambahkan di /etc/apt/sources.list

deb http://ppa.launchpad.net/handbrake-ubuntu/ubuntu hardy main
deb-src http://ppa.launchpad.net/handbrake-ubuntu/ubuntu hardy main

Lalu update repo dan instal handbrake

sudo apt-get update
sudo apt-get install handbrake-gtk handbrake-cli

Internet
Instalasi Opera Web Browser

Ambil berkas opera untuk Ubuntu Hardy Heron di http://www.opera.com/download/. Setelah itu di direktori tempat berkas instalasi disimpan jalankan perintah:

sudo dpkg -i

Contoh, untuk versi 9.51,

sudo dpkg -i opera_9.51.2061.gcc4.qt3_i386.deb

Catatan: Nama berkas kemungkinan berubah, tergantung versi yang Anda unduh saat itu.

Instalasi Skype 2.0

Anda bisa menginstal dari repositori medibuntu (cara setup repositori lihat di bagian paling awal).

sudo apt-get install skype

Instalasi Thunderbid

sudo apt-get install thunderbird

Jika Anda ingin memiliki fitur kalender, instal juga extension lightning.

sudo apt-get install lightning-extension

Instalasi Modem ZTE MF622

Koneksi Internet IndosatM2 via USB Modem ZTE MF622 di Ubuntu Hardy Heron